Topik Kantor Pos Pemeriksa
Penjelasan

A. Sekilas
Kantor Pos Pemeriksa (Kprk) adalah kantor pos yang berperan sebagai kantor pos utama sekaligus pemeriksa bagi Kantor Pos Cabang - Kantor Pos Cabang (Kpc) yang terdapat di wilayah kerjanya.

Umumnya, Kprk berada di wilayah ibu kota propinsi sampai dengan ibukota kabupaten tingkat II.

Anda bisa menampilkan data Kpc yang terdapat di wilayah kerja dari suatu Kprk dengan menglik tanda plus (+) di sebelah kiri data Kprk-nya.

Anda juga bisa mencari data Kprk melalui panel Cari. Jika ingin mencari data berdasarkan lebih dari satu kriteria pencarian, klik link Pencarian Lanjutan.

Untuk menampilkan data detail dari suatu Kprk, klik icon bergambar kaca pembesar di sebelah kiri data yang bertalian.

B. Pencarian Data
Ada dua cara untuk melakukan pencarian data melalui halaman ini, yaitu Pencarian Cepat dan Pencarian Lanjutan.

B. 1. Pencarian Cepat, caranya: masukkan data yang ingin Anda cari di panel Cari, lalu tekan Enter atau klik tombol Cari. Ada tiga pilihan yang bisa dioptimalkan pada bagian Pencarian Cepat, yaitu: Cocok persis, Semua kata kunci, dan Apapun kata kunci. Penjelasan ketiga pilihan tersebut dapat dilihat di bagian akhir halaman bantuan ini.

B. 2. Pencarian Lanjutan, caranya: klik link Pencarian Lanjutan, lalu ikuti petunjuk pada halaman berikutnya, di mana Anda bisa mencari berdasarkan satu dan atau beberapa field/kolom.

C. Pilihan di Pencarian Cepat
Ada 3 pilihan yang bisa Anda optimalkan untuk memenuhi kebutuhan dalam melakukan Pencarian Cepat.

C. 1. Cocok persis
Untuk mencari data yang persis sesuai dengan data yang terdapat di suatu kolom/field. Pilihan ini cocok jika ingin mencari data yang harus mengandung data yang dimasukkan persis sama pada kotak pencarian. Pilihan ini merupakan standar (default) yang dipakai jika Anda tidak mengubah kepada dua pilihan lainnya.

Contoh: Anda ingin mencari kata PADANG, maka masukkan data PADANG pada kotak pencarian, lalu klik tombol Cari. Hasil pencarian akan menampilkan record yang mengandung kata PADANG di semua kolom.

C. 2. Semua kata kunci
Untuk mencari data yang terdapat di semua kata pada kolom/field apapun. Pilihan ini cocok jika ingin mencari data Kantor Pos Pemeriksa yang belum bisa dipastikan apakah sebagian data yang dicari tersebut terdapat di suatu kolom atau tidak.

Contoh: Anda belum yakin apakah PADANG SIDEMPUAN itu disambung penulisannya atau mengandung spasi, maka masukkan data PADANG SIDEMPUAN (mengandung spasi) pada kotak pencarian, lalu klik tombol Cari. Hasil pencarian akan menampilkan record PADANGSIDEMPUAN.

C. 3. Apapun kata kunci
Untuk mencari dan menampilkan beberapa record berdasarkan beberapa kata kunci yang dipisahkan dengan karakter spasi. Pilihan ini cocok jika ingin menampilkan beberapa Kantor Pos Pemeriksa berdasarkan beberapa kata kunci pencarian.

Contoh pertama: Anda ingin mencari data Kprk yang mengandung data Nomor Dirian 20000, 40000, dan 60000, maka masukkan 20000 40000 60000 (antara data yang satu dan berikutnya dipisahkan dengan spasi) pada kotak pencarian, lalu klik tombol Cari. Hasil pencarian akan menampilkan record-record MEDAN 20000, BANDUNG 40000, dan SURABAYA 60000.

Contoh kedua: Anda ingin menampilkan 3 data Kantor Pos Pemeriksa berdasarkan namanya, yaitu: PALU, MAKASSAR, dan KENDARI, maka masukkan: PALU MAKASSAR KENDARI (antara data yang satu dan berikutnya dipisahkan dengan spasi), lalu klik tombol Cari. Hasil pencarian akan menampilkan 3 record, masing-masing: PALU 94000, MAKASSAR 90000, dan KENDARI 93000.


 

Kategori Master
©2018, Web Developer: Masino Sinaga. Hak Cipta dilindungi oleh Undang-Undang. | Syarat dan Ketentuan | Kembali ke Atas